6 Kunci Sukses Berternak Kenari

Posted by On 21:05 with 7 comments

6 kunci sukses berternak burung kenari adalah panduan penting buat kita yang mencoba mencari keberuntungan dari burung Kenari. Karena mungkin semua kita sudah tahu bahwa harga seorang burung Kenari cukup tidak mahal. Buat anda yang belum mencoba memulai beternak kenari, anda tidak perlu khawatir atas masalah dengan burung ini karena kenari termasuk burung yang cepat beradaptasi dengan lingkungan. Mereka mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam hal berternak kenari.sebelum kita membahas beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam hal berternak kenari kita membahas dulu apakah yang harus dibutuhkan sebelum berternak kenari.

Baca juga :Jenis Jenis Burung Murai Batu

Kunci Sukses Berternak Kenari


Hal-hal yang harus kita butuhkan sebelum berternak kenari:

1.      Modal

Modal sangat penting dalam berternak kenari.Di sini saya akan member tahu berapa kisaran harga kenari .
Kenari Yokshire   @ 7.000.000 - 13.000.000
Kenari F3              @ 3.000.000 - 4.000.000
Kenari F2              @ 2.000.000 - 3.000.000
Kenari F1              @ 1.000.000 - 2.000.000
Kenari Af              @ 400.000 - 1.000.000
Kenari Lokal         @ 200.000- 400.000
Semua yang saya cantumkan di atas adalah harga kenari siap ternak.

2.      Tempat

Tempat adalah sebuah sarana untuk kita berternak burung kenari.Bagi para pemula tidak harus tempat yang luas cukup dengan ruangan 4 x 4 m

3.      Konsumen
Percumakan kalau modal dan tempat udah ada tapi konsumen tidak ada,Karna jika kita sudah berternak dan menghasilkan banyak anakkan atau hasil  kita nanti akan bingung untuk menjualnya.Langkah yang tepat untuk mendapatkan konsumen yaitu

4.      Channel
Channel sangantlah penting dan banyak juga hubungannya dengan konsumen karena dangan banyaknya channel kita mendapatkan relasi dan mudah mencari konsumen,juga tidak bingung mejual hasil ternakan kita .

5.      Cara Berternak

Berternak kenari bukanlah hal yang sulit dan juga bukan hal yang mudah,dan ada cara caranya kusus untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.yaitu antara lain

A.    Carilah pejantan Kenari dan Betina yang baik kualitas

Agar mendapatkan hasil yang cepat anda dapat mencari pejantan dan betina yang kualitasnya baik Contoh: Yokshire,F3,F2 dan F1 dan juga yang siap untuk di kawinkan,cara mendapatkan kenari yang baik kualitasnya kita dapat menghubungi orang orang yang terpercaya sehinggan mengurangi resiko tertipu.

B.     Usia Kenari

Usia burung Kenari yang siap untuk dijodohkan atau dikawinkan yaitu untuk Kenari jantan berusia 8 bulan sedangkan untuk Kenari betina berusia 6 bulan.

C.     Pisahkan sangkar Kenari jantan dan Kenari betina

Hal ini bertujuan agar kita dapat mengetahui apakah mereka benar-benar siap untuk dikawinkan, karena jika langsung memasukkan keduanya dalam satu sangkar, dikhawatirkan sang jantan malah akan mematok di betina. Walaupun kedua sangkar mereka  dipisah, tetapi tetap diletakan berdekatan, agar bisa saling mengenal dan timbul hasrat untuk kawin.

D.    Proses Penjodohan

Pada phase ini adalah yang krusial, karena sukses tidaknya usaha berternak burung Kenari ditentukan dalam proses ini, biasanya beberapa peternak menggunakan sangkar khusus. Agar lebih berhasil proses perjodohan, usahakan membuat kandang berbentuk kotak yang didalamnya terdiri beberapa sangkar dan tiap-tiap sangkar berukuran sedang serta tetap harus dijaga kebersihan. Lama perjodohan antara 3 hari sampai 1 minggu. Jika burung Kenari cepat bertelur berarti usaha perjodohan dianggap berhasil. Perlu diperhatikan apakah Kenari jantan berantemnya mencabut bulu, jika iya berarti proses bertelur akan segera bertelur.

E.     Masa Pengeraman

Masa pengeraman biasanya membutuhkan waktu selama 12 sampai 14 hari yang mana tergantung pengaruh cuaca atau suhu. Jika suhu diluar agak dingin anda dapat menambah lampu 5 watt di sangkar. Apabila sudah 12 hari masa pengeraman biasanya telur akan menetas satu per satu berselang satu hari. Saat itu Kenari jantan sudah dapat dipisahkan dari Kenari betina.

F.      Memberi Pakan Anak Kenari

Untuk memberi pakan anak kenari kita bisa siapkan extra fooding tujuannya agar anakan kenari bisa tumbuh dengan sehat dan baik. Biasanya extra fooding ditambah air. Jika kenari sudah agak besar bisa diberikan bijian mix dengan canary seed. Juga bisa ditambah buah dan sayur secara rutin dengan cara selang seling.
                       
6.      Pemasaran atau Pembuangan

Bukan hal yang mudah untuk memasarkan hasil produk kita sendiri,tergantung juga berapa banyak channel yang kita peroleh,akan tetapi kita dapat memasarkan produk ternakan kita sendiri malalui ajang lomba.Jika kenari kita menang dalam suatu ajang lomba atau event-event besar maka banyak para pembeli atau konsumen yang tertarik pada ternakan kita,karena kita sudah mempunyai mana.Akan tetapi banyak juga cara untuk melakukan pemasaran jika kita tidak mempunyai nama yaitu dengan memasarkan di toko toko online,seperti di toko bagus berniaga dll.di sini saya akan menampilkan daftar harga anakan kenari usia 1 sampai 2 bulan:

Silangan F1 x af  @ 250.000
Silangan F1 x F1 @ 350.000
Silangan F2 x af  @ 400.000
Silanagn F2 x F1 @ 600.000
Silangan F3 x af  @ 700.000
Silangan Ys x af  @ 1.000.000 – 1.300.000
Silangan Ys x F1 @ 1.700.000 – 2.500.000
Silangan Ys x F2 @ 3.000.000 ke atas

Akan tetapi semua harga di atas akan terus berubah sesuai pasaran harga kenari.Tidak semua hal yang saya deskripsikan dengan sempurna dalam karya tulis ini.Saya sudah melakukan dengan semaksimal mungkin dengan kemampuan yang saya miliki.Saya akan meneriama semua Kritik dan saran dari pembaca.Saya menerima kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki karya tulis saya di masa dating.Sehingga karya tulis berikutnya dan karya tulis lain dapat di selesaikan dengan hasil yang lebih baik .

Baca juga : Cara Ternak Burung Pleci

Refrensi



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

7 comments

inspiratif sekali bang.. :D

artikel dan blognya keren (y)

ini yang saya cari dari tadi
bermanfaat
murai batu

Sukses bisa diraih kalau kita serius, kerja keras ingin mendapatkan, karena sukses hanya milik orang-orang yang konsisten dan berambisi untuk mendapatkannya.

Gila gan baca artikel ini, masa ada burung harganya nyampe milyaran, kalau saya mending buat beli mobil sport ya, gue simak dari website ini gan 6 Burung dengan Harga Ratusan Juta Hingga Milyaran